Kamis, 14 Juni 2012

Kenapa jum'at jadi hari istimewa bagi kaum muslim

Kenapa jum'at jadi hari istimewa bagi kaum muslim ? adalah suatu pertanyaan bagi setiap muslim ataupun mungkin umat yang lain. sebelum menulisnya ijinkan aku mengucapkan segala puji hanya bagi allah subhanahuwataala , sholawat serta salam hanya tercurahkan kepada baginda Rosulullah shalallahu alaihi wassalam,dan aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah dengan sebenarnya selain allah yang maha esa dan tiada sekutu bagiNya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Nya

Sesungguhnya allah SWT telah mengkhususkan kepada umat nabi muhammad dan mengistimewakan mereka dari umat-umat yang lain dengan berbagai keistimewaan. Diantaranya adalah memilihkan bagi mereka hari yang agung yaitu hari jum'at.

Di riwayatkan oleh muslim dalam kitab shohinyadari abi hurairah berkata : Allah SWT telah merahasiakan hari jumat terhadap umat sebelum kita, maka orany yahudi memiliki hari sabtu, orang nasrani memiliki hari ahad. Dia menunjukan hari jumat untuk kita umat muslim, jadi urutannya adalah, jumat, sabtu , ahad. demikian pula mereka akan mengikuti kita di hari kiamat. kita adalah umat terakhir di dunia ini namun yang pertama di hari kiamat, yang akan di putuskan perkaranya sebelum makhluk yang lain.

Dirwayatkan muslim dalam kitab shahihnya nabi muhammad bersabda: Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari jum'at,pada hari itu adam di ciptakan, pada hari itu pula di masukkan ke surga dan pada hari tersebut dia di keluarkan dari surga (HR. muslim )

Di riawayat ibnu majah, bahwa nabi muhammad bersabda: sesungguhnya hari jumat adalah hari raya, allah menjadikannya istimewa bagi kaum muslimin, maka barang siapa yang  akan mendatangi sholat jum'at maka hendaklah dia mandi  (Ibu majah )

Pada hari ini terdapat saat terkabulnya do'a, yaitu saat dimana tidaklah seoarng hamba meminta kepada allah swt padanya kecuali dia akan di kabulkan doanya.di rwayatkan muslim dalam kitab shahihnya , nabi muhammada bersabda sesungguhnya pada hari jum'at terdapat satu saat tidaklah seorang muslim mendapatkannya dan dia dalam keadaan berdiri sholat  dia meminta kepada allah suatu kebaikan kecuali allah memberikannya, dan dia menunjukan dengan tangannya bahwa saat tersebut sangat sedikit.( HR. muslim dan bukhari )

sumber artikel : Tim islam house





artikel terkait :

2 komentar: